dunia kerja mahasiswa teknik sipil

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur Jalan dan Jembatan, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar



Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, survey lahan, konsep finansial dari proyek, manajemen projek dsb. Semua aspek kehidupan tercangkup dalam muatan ilmu teknik sipil.


menurut saya sendiri sebagai mahsiswa teknik sipil...sebenarnya pada jembatan sendiri banyakilmu yang diterapkan diantaranya ilmu ukur tanah (geodesi), dan ilmutentang penyelidikan tanah (mekanika tanah 1&2), dan jembatan iniberhubungan dengan sungai mungkin mekanika fluida lebih bisa masuk,rekayasa hidrologi dan pengembangan sumberdaya air yang terkait denganaliran sungai itu sendiri, terus kita lihat lagi ke struktur jembatan ini, kitamulai dari bawah ada pondasi dangkal (rekayasa pondasi 1), pondasidalam (rekayasa pondasi 2). Sebelum memasuki jembatan ada box culvert yang kita ketahui adalah salah satu bentuk drainase untuk mengalirkan airmenyebrangi alinyement jalan, ketika melihat keatas lagi kita akan tahubeberapa portal pilar jembatan (struktur beton 1&2 dan mekanika 3&4),bebarapa bentang yang di fungsikan sebagai balok (beam) hal ini dibahasdalam mekanika rekayasa 1,3&5 yang dilengkapi dengan beberapaperletakan sendi-rol, ke atas lagi ada rangka baja yang dipelajari pada matakuliah struktur baja 1&2 sedangkan gaya pada masing batang dalamrangka baja dapat di hitung dengan metode richter, metode keseimbangantitik buhul, cremona dan mungkin yang sekarang ada metode SAP 2000versi 11 (mekanika rekayasa 2) untuk kekuatan masing-masing profildibahas dalam mekanika rekayasa 2 (inersia dan sentroid luasan) danstruktur baja 1 (tahanan tarik/tekan luas netto penampang profil dantahanan nominal rencana baut), untuk pemeliharaan baja yang rentanterhadap korosi kita sudah mempelajarinya dalam mata kuliah kimia dasar,untuk lantai jembatan jika dilihat dari kemampuan menahan bebandiatasnya, lantai di desain sebagai struktur sedangkan pada strukturjembatan, lantai dihitung sebagai beban.di jembatan banyak sekali ilmu terapan teknik sipil yangtercakup di dalamnya antara lain pada bagian bawah ada mata kuliahpondasimekanika tanahilmu ukur tanah pada bagian atas ada matakuliah struktur kayubeton dan bajakalau di luar itu semua mencakupmata kuliah mekanika rekayasarekayasa lingkunganrekayasa gempa, RAB, Manajemen Konstruksigambar rekayasailmu teknik bahandanrekayasa  jalan rayadisamping itu juga mahasiswa teknik sipil perlumempelajari program auto cad, SAP dan program lainnya,untuk menjadi seorang tenaga ahli di bidangnya..

inilah gambar2 di mana nantinya sorang civil engineering

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar